Senin, 30 Desember 2013

Peranan Bahasa Indonesia

            Bahasa adalah suatu cara komunikasi yang manusia ciptakan untuk berkomunikasi antara satu dengan yang lain. Bahasa pada awalnya berupa sebuah bentuk ekspresi sampai berkembang menjadi sebuah ucapan. Bahasa juga merupakan sistem komunikasi yang kompleks, karena terdapat berbagai macam bentuk bahasa. Di mulai dari bahasa tubuh, bahasa isyarat, bahasa kode, bahasa hewan, dan bahasa manusia. Bahasa manusia adalah bahasa yang unik bila dibandingkan dengan bahasa bahasa yang lain. Karena bahasa manusia dapat menghasilkan penyebutan yang tidak terbatas dengan sekumpulan elemen yang terbatas, tetapi mempunyai aturan aturan dan simbol simbol. Di setiap tempat mempunyai bahasa masing masing, sehingga terdapat keragaman di setiap tempat. Contohnya bahasa Indonesia yang mempunyai peranan di negara Indonesia.

            Bahasa Indonesia merupakan bahasa resmi yang digunakan dalam Republik Indonesia. Republik Indonesia yang mempunyai banyak pulau dan keragaman serta daerah yang mempunyai berbagai macam suku sehingga terdapat banyak bahasa di daerah daerah tersebut. Maka bisa dibilang bahasa Indonesia adalah bahasa nasional Republik Indonesia. Bahasa indonesia dalam perkembangannya juga melalui banyak perubahan tatanan bahasa. contohnya pada tahun 1972 ada beberapa kata yang diubah misalnya, tj menjadi c, j menjadi y, dan oe menjadi u serta banyak perubahan perubahan yang lain.

           
            Dalam era globalisasi, kita sebagai warga negara indonesia sudah sepantasnya bangga dan menjunjung tinggi bahasa persatuan kita, yaitu bahasa indonesia. jati diri bahasa Indonesia perlu dibina dan dimasyarakatkan. Hal ini diperlukan, agar bangsa indonesia tidak terbawa arus oleh pengaruh budaya asing yang masuk ke indonesia.
bahasa indonesia memiliki fungsi sbb :
Sebagai Bahasa Nasional
Sebagailambang kebanggaan dan identitas nasional, Bahasa persatuan kita, memiliki nilai-nilai sosial budaya luhur bangsa yang harus dipertahankan dan direalisasikan dalam kehidupan sehari-hari tanpa ada rasa renda diri, malu, dan acuh tak acuh. Indonesia memiliki banyak budaya dan bahasa yang berbeda-beda hampir di setiap daerah. Pastinya, tidak akan mungkin kita bisa saling memahami ketika berkomunikasi antar sesama. Oleh karena itulah betapa pentingnya kedudukan bahasa indonesia sebagai bahasa pemersatu bangsa dan sebagai alat penghubungan antarbudaya dan daerah.

            Bahasa Negara                                                                                             
           
            Dalam “Hasil Perumusan Seminar Politik Bahasa Nasional” yang diselenggarakandi Jakarta pada tanggal 25 s.d. 28 Februari 1975 dikemukakan bahwa di dalam kedudukannya sebagai bahasa negara, bahasa Indonesia memiliki fungsi sebagai : bahasa dalam perhubungan pada tingkat nasional untuk kepentinganperencanaan dan pelaksanaan pembangunan serta menjadi bahasa resmi kenegaraan, pengantar di lembaga-lembaga pendidikan/ pemanfaatan ilmu pengetahuan, pengembangan kebudayaan, pemerintah dll.
fungsi itu harus dilaksanakan, sebab itulah ciri penanda bahwa suatu bahasa dapat dikatakan berkedudukan sebagai bahasa negara.


            Era globalisasi merupakan tantangan bagi bangsa Indonesia untuk dapat mempertahankan diri di tengah-tengah pergaulan antarbangsa yang sangat rumit. Untuk itu, bangsa Indonesia harus mempersiapkan diri dengan baik dan harus bangga menggunakan bahasa indonesia dalam kehidupan sehari-hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar